Ngaku deh, biasanya kalian seusia remaja ini, pas sekolah atau kuliah, dan bahkan pas lagi kerja tugas sekolah pun seringkali nggak bisa fokus, entah karena emang kalian yang susah untuk bisa berpikir fokus, karena banyak masalah, dan juga karena lagi jatuh cinta. Cie! Tapi, tentu aja yang namanya gagal fokus ini bikin kita makin nggak produktif, dan akhirnya kehilangan banyak kesempatan yang harusnya bisa dipake buat sesuatu yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Namun, jangan khawatir, dengan adanya perkembangan teknologi dan smartphone yang bisa kalian bawa kemana - mana, ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan buat tingkatkan dan melatih fokus dan konsentrasi kalian. Penasaran? Ini dia beberapa diantaranya:

1. Lumosity
Aplikasi yang satu ini bisa loh buat kalian gunakan sebagai ujian untuk meningkatkan memori, kesigapan dan juga beberapa keterampilan mental lainnya. Saran sih, kalian bisa gunakan aplikasi ini pada saat jam kosong agar otak tetap dalam keadaan fokus dan siap buat kerja.

2. Headspace 2.0
Stress, khawatir dan nggak bisa fokus? Nah, aplikasi yang satu ini bisa membantu kalian kok. Caranya cukup mudah, tinggal gunakan aplikasi yang satu ini minimal 10 menit tiap harinya, dan akan bikin kamu lebih fokus dan bahagia.

3. GPS for the soul
Aplikasi yang satu ini menyiapkan beberapa quote, gambar, dan bahkan musik yang bisa kalian gunakan buat menghilangkan penat dan pikiran yang bikin kalian nggak bisa fokus. Selain gratis, aplikasi yang satu ini juga memiliki ukuran yang kecil dan pastinya kompatible dengan smartphone kalian.

4. Pomodoro - Focus Booster
Biasanya, setelah mengerjakan pekerjaan yang sama dalam waktu yang lama, maka otak akan sulit untuk fokus mengerjakan sesuatu yang lain secara bersamaan. Nah, dengan aplikasi yang satu ini, otak kalian akan dilatih untuk lebih bisa sigap dalam mengorganisasi kegiatan kalian.

5. MindNode
Ada setidaknya 3 metode belajar yang bisa kalian gunakan, dan salah satunya adalah visual. Nah, buat kalian yang lebih suka untuk belajar dengan tipe visual, aplikasi yang satu ini cocok buat kalian, dimana nantinya kalian bisa secara langsung menuangkan gagasan dan pemikiran dalam bentuk grafis yang keren.

6. F.lux
Hayo, ngaku deh biasanya abis berlama - lama didepan komputer dan smartphone, pastinya bikin pusing dan gagal fokus kan? Nah, kalian juga bisa atur kecerahan pada layar smartphone dan device kalian dengan aplikasi yag satu ini, jadi mata nggak akan tegang sepanjang hari.

7. Freedom
Aplikasi yang satu ini pada intinya akan menghilangkan sementara smartphone kalian dari hiruk pikuk notifikasi dari berbagai sosial media yang kalian gunakan, sehingga tentu aja bikin kalian jadi lebih produktif dan fokus.



Nah, itu dia tadi beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan buat diri kalian menjadi lebih fokus pas kerja dan juga belajar. Kalian punya juga beberapa aplikasi yang biasa kalian gunakan? Share ya!