Bintang Real Madrid dan timnas Portugal Cristiano Ronaldo resmi memuncaki daftar Goal 50 tahun ini.

Pemain berusia 32 tahun tersebut mempertahankan penghargaan prestisius ini setelah mengantar Real Madrid menggondol trofi Liga Champions kedua kali secara beruntun, sebuah pencapaian historis yang membuatnya mengungguli Gianluigi Buffon di posisi puncak pemain terbaik dalam 12 bulan terakhir.
Ronaldo mencetak 25 gol dalam 29 laga di La Liga Spanyol, tetapi pentas Eropa yang menjadi panggung utama sang superstar.

Mantan pemain Manchester United itu membukukan lima gol dalam kemenangan Madrid 6-3 secara agregat atas Bayern Munich, menjadi penentu melalui hat-trick sensasional di Santiago Bernabeu pada leg kedua.

Ronaldo kemudian kembali mencetak hat-trick di laga selanjutnya melawan Atletico Madrid untuk menyegel tiket final di Cardiff, di mana ia mencetak dua gol yang membantu Los Blancos mempertahankan gelar juara berkat kemenangan 4-1 atas Juventus.


Buffon menempati posisi runner-up di turnamen tersebut, dan ia juga berada di posisi kedua dalam Goal 50 tahun ini.

Kapten Juventus dan timnas Italia tersebut sebelumnya tidak pernah menempati posisi lebih tinggi dari 16, pada 2015, tetapi performa apiknya yang membawa klub meraih double winners di Italia dan menembus final Liga Champions dengan rekor 600 menit tak kemasukan.

Rekan satu tim Ronaldo, Luka Modric, melengkapi tiga besar, ia mendapatkan pujian tinggi atas performa krusialnya untuk kesuksesan Los Blancos di 2017, terutama perannya yang sangat vital dalam kemenangan atas Juve di Wales.

Sebelum tahun lalu, empat kali pemenang Goal 50 Lionel Messi tidak pernah menempati posisi di luar tiga besar, tapi sekali lagi ia harus puas di posisi empat - meski menorehkan 54 gol dalam 52 laga di semua ajang.

Dua penggawa Madrid lain, Sergio Ramos (5) dan Toni Kroos (10), membuat Los Blancos dominan di sepuluh besar. Meski tidak ada nama Gareh Bale - yang menempati posisi lima tahun lalu - dalam Goal 50 kali ini.