Selama ini masing-masing orang memiliki pendapatnya masing-masing mengenai waktu terbaik untuk berolahraga, antara di pagi hari atau di malam hari. Jadi, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk melakukan latihan fisik?

"Saya sering sekali mendapat pertanyaan ini. Jawaban saya? Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Kalaupun ada perbedaan fisiologis, perbedaannya sangat minim. Jadi, cari waktu yang sesuai dengan jadwal Anda. Ingat, kesehatan fisik jangka panjang itu diperoleh melalui konsistensi, bukan kapan berolahraga," ujar professor bidang nutrisi dan latihan fisiologis dari University of Missouri, Steve Ball, seperti dikutip self.com, Rabu (29/6/2017).
Jadi, berolahraga di pagi hari dan malam hari memiliki kelebihan masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan dari masing-masing waktu.

Olahraga di pagi hari 

Beberapa orang pasti setuju bahwa olahraga di pagi hari mampu memberikan energi untuk aktivitas sepanjang hari. Efek ini sebagian manfaat buat mental, tapi endorfin dalam tubuh juga dilepaskan. Selain itu dengan olahraga di pagi hari, perubahan suhu tubuh bisa membantu membangunkan Anda.
Dengan olahraga di pagi hari tentu akan membuat hidup Anda lebih baik lagi. 

"Ada beberapa penelitian yang menunjukkan senam pagi telah meningkatkan kepatuhan terhadap rutinitas latihan mereka]," kata Ball.
Berolahraga di pagi hari tidak hanya senam dan berlari. Anda juga bisa gunakan treadmill di tempat gym. Namun, lebih baik Anda berolahraga ke gym pada pagi hari. Pasalnya, banyak orang yang kedapaan stres jika banyak orang di pusat kebugaraan.

Olahraga di sore hari

Salah satu keunggulan olahraga di sore hari, Anda bisa mengatasi stres pada hari yang sibuk di kantor.
Olahraga membantu mengurangi stres dan melepaskan endorphin yang terasa baik, jadi berkeringat keluar setelah seharian Anda di kantor. Hal ini bisa sangat berguna jika Anda cenderung menjadi sering stres di malam hari
"Jika Anda mengalami hari yang buruk di kantor, berolahraga akan membantu Anda mengatasi kecemasan dan frustrasi Anda, daripada makan,” ujar Ball.

Olahraga di malam hari

Latihan di malam hari merupakan cara yang bagus untuk melepas energi usai bekerja sepanjang hari di tempat kerja. Banyak ahli mengatakan kalau tubuh Anda akan lebih optimal untuk bekerja.

Lesley Alderman, penulis 'The Book of Times' mengatakan, waktu terbaik berolahraga di malam hari adalah 18.00 dan 20.00 ketika suhu tubuh Anda berada di puncaknya. Ini berarti otot Anda lebih fleksibel.

Alderman juga mencatat, kekuatan otot pada puncaknya pada pukul 17.00 dan 19.00. Ini tampaknya waktu terbaik untuk melakukan angkat beban.

Nah, untuk berolahraga lebih baik menggunakan sepatu yang mumpuni. Jangan sampai saat berolahraga Anda terkilir karena sepatu Anda tidak mendukung hal itu.

Kini, sudah banyak merek sepatu olahraga, namun hanya sedikit produk sepatu yang menawarkan pijakan yang ringan dan nyaman saat digunakan. Salah satunya produk Under Armour. Merek sepatu lari ini baru saja mengeluarkan produk terbaru yaitu Bandit 3.

Produk ketiga dari rangkaian seri Bandit tersebut, khusus dirancang untuk street ready, sehingga memiliki desain yang fleksibel dan ringan. Sepatu lari ini juga dilengkapi teknologi Charged CushioningTM yang mampu menyerap tekanan beban tubuh saat berlari dari permukaan jalan.

Dengan begitu, saat olahraga, energi yang harus keluar untuk menahan getaran pun bisa dihemat dan dialihkan untuk menambah kekuatan langkah saat berlari.
Jadi, Anda tetap merasa nyaman saat berlari di atas permukaan jalan apapun, bahkan jalan yang bebatuan sekalipun.

Under Armour Bandit 3 memiliki teknologi seamless heel cup yang mengikuti bentuk kaki secara sempurna, sehingga memberikan fitting yang nyaman dan sesuai. Desainnya dan fleksibilitasnya ini menjadikan sepatu ini cocok untuk digunakan lari dalam jarak jauh, seperti marathon.